support/ Juli 20, 2018/ Uncategorised/ 0 comments

Di zaman dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang, omputer memegang peranan penting dalam kehidupan manusia.
Perangkat elektronik ini begitu dekat dengan segala profesi. Mulai dari pebisnis hingga masyarakat biasa.
Ternyata, fenomena ini sudah diramalkan pendiri Apple, Steve Jobs, sejak tiga dekade silam.
“Komputer bukan hanya alat yang mengagumkan yang pernah kita temui. Alat ini bisa berupa alat menulis, pusat komunikasi, superkalkulator, perencana, filler, dan instrumen artistik. Semuanya menyatu. Kita hanya memberinya instruksi baru atau perangkat lunak,” kata Jobs dalam sebuah wawancara kepada Playboy pada 1985, seperti dikutip dari CNBC, SSabtu (26/5/2018).
Bahkan Jobs sudah memprediksi empat hal yang bisa dilakukan dengan komputer. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Dipakai untuk Bersenang-senang
Pada 1985, Apple sudah merilis empat komputer, yaitu Apple I, Apple II, Lisa, dan Macintosh. Model-model ini ditujukan untuk pendidikan di sekolah.
“Anda benar-benar dapat melakukan lebih baik dan lebih baik, dan Anda dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan produktivitas. Komputer,” kata Jobs.
Pada 1984, hanya delapan persen rumah tangga di Amerika Serikat yang memiliki komputer. Angka ini didasarkan pada hasil sensus yang dijalankan US Cencus Bureau.
Pada 2000, jumlah rumah tangga pemilik komputer menjadi 51 persen. Sedangkan pada 2017, rata-rata rumah tangga sudah memiliki komputer.

2. Menggunakan Komputer untuk Saling Terhubung
Jobs meramalkan komputer akan lebih sering digunakan untuk hal-hal di luar bisnis, yaitu konektivitas. Dia memprediksi internet akan berkembang pesat dan membuat semua orang di dunia terhubung.

3. Komputer Bakal Punya Mouse
Pengguna komputer kerap menggunakan alat bantu berupa mouse untuk mengoperasikan komputer. Dulu, komputer tak selalu dioperasikan dengan mouse.
Sebelum Apple memperkenalkan Lisa dan Macintosh, komputer dikendalikan dengan papan kunci. Jobs mengatakan mouse ini akan mempermudah pengguna untuk mengoperasikan komputer.
“Ini jauh lebih cepat untuk melakukan semua jenis, seperti memotong dan menempel dengan mouse. Ini tak hanya lebih mudah, tetapi lebih efisien,” kata dia.

4. Persaingan Software Semakin Ketat dan Hardware Dimonopoli
Pada 1985, Jobs memprediksi hanya sedikit perusahaan yang memproduksi hardware. Di sisi lain, produsen software sangat banyak.
“Untuk memproduksi komputer, persaingan akan terjadi di Apple dan IBM. Saya tidak berpikir tiga-empat perusahaan atau enam-tujuh perusahaan yang akan memproduksi komputer. Saya berpikir inovasi banyak dilakukan di software, bukan hardware,” kata dia.
Untuk di pasar software, Apple bersaing dengan Microsoft dan Google. Sementara di pasar hardware, produsen teknologi seperti Samsung, Dell, dan Lenovo saling bersaing.
Sumber :www.liputan6.com

Leave a Comment